Salah satu sektor jasa yang memiliki faktor penting dalam perekonomian
adalah Sektor Jasa Angkutan Truk, Jasa Angkutan Truk merupakan bagian
yang tak terpisahkan dari ekonomi dunia. Kondisi geografis Negara yang
meliputi dataran pulau, maupun kepulauan, menuntut moda transportasi
yang handal serta ekonomis. Jasa Angkutan Truk lah yang mengambil
peranan. Nah dalam artikel kali ini kami khusus mengeksplore truck gandeng. Mari kita bahas semua tentang kendaraan Truk Gandeng (Truk yang memiliki gandengan) dalam galeri foto di blog ini.
Daya Muat Truck Gandeng
1. Engkel / Kepala
Daya angkut truk tergantung kepada beberapa variabel, diantaranya jumlah ban, jumlah sumbu/konfigurasi sumbu, muatan sumbu, kekuatan ban, daya dukung jalan, lebar tapak ban. Pada daftar berikut ditunjukkan hubungan antara daya angkut dengan konfigurasi sumbu truk untuk jalan dengan JBI Kelas II (Muatan sumbu maksimum 10 ton per gandar) dan jalan dengan JBI Kelas III (Muatan sumbu maksimum 8 ton per gandar)
Daftar 2.1. Konfigurasi Sumbu mobil barang/truk
Mekanisme Kemudi Truck Gandeng
Lengan kemudi menggerakkan aksel, berputar pada titik pusat. Sudut belok roda kiri = sudut belok roda kanan. Dengan sudut belok yang sama tidak didapatkan titik pusat lingkaran belok yang sama akibatnya terjadi gesekan antara ban dengan jalan.
Truk memang memenuhi jalan raya, karena tubuhnya yang sangat besar.
Supir truk harus memiliki stamina yang bagus karena seringkali
pengiriman barang memakan waktu selama berhari-hari. Misalnya saja,
turk-truk yang membawa aneka barang dari Sumatera ke Pulau Jawa, atau
sebaliknya. Jika mengantuk, bisa berakibat fatal. Kecelakaan truk di
jalan raya sangat sering diakibatkan oleh masalah ini.
Daya Muat Truck Gandeng
1. Engkel / Kepala
- Panjang : 6 meter
- Lebar : 2,45 meter
- Tinggi bak : 1,8 meter
- Maksimal muat : 14.000 kg
- Panjang : 6 meter
- Lebar : 2,45 meter
- Tinggi bak : 1,8 meter
- Maksimal muat : 16.000 kg
Barang dimuat di atas bak terbuka yang biasanya ditutupi
oleh terpal plastik-parasit. Untuk pengiriman dalam jumlah banyak,
memakai truk jenis ini jauh lebih ekonomis dibandingkan memakai truk
engkel.
Daya angkut truk tergantung kepada beberapa variabel, diantaranya jumlah ban, jumlah sumbu/konfigurasi sumbu, muatan sumbu, kekuatan ban, daya dukung jalan, lebar tapak ban. Pada daftar berikut ditunjukkan hubungan antara daya angkut dengan konfigurasi sumbu truk untuk jalan dengan JBI Kelas II (Muatan sumbu maksimum 10 ton per gandar) dan jalan dengan JBI Kelas III (Muatan sumbu maksimum 8 ton per gandar)
Daftar 2.1. Konfigurasi Sumbu mobil barang/truk
Mekanisme Kemudi Truck Gandeng
- Kemudi King - Pin
Lengan kemudi menggerakkan aksel, berputar pada titik pusat. Sudut belok roda kiri = sudut belok roda kanan. Dengan sudut belok yang sama tidak didapatkan titik pusat lingkaran belok yang sama akibatnya terjadi gesekan antara ban dengan jalan.
Next
« Prev Post Previous
This is the oldest page
« Prev Post Previous
This is the oldest page