13 July 2014

Modifikasi Truck Mitsubishi Colt Diesel Dan Canter 4WD

} || []).push({});
Jangan kanget dulu dengan Truck Mitsubishi Canter 4WD karya modifikator asal kota Malang, Jawa timur ini. Ide nyleneh ini di gagas oleh LOEKITO RAHARJO, Off-Roader senior asal kota Apel, Malang. Mungkin lantaran truck milik beliau yang di gunakan untuk mengangkut Ferro Filit (sebuah bahan baku pembuat keramik) dari pegunungan Sumber Manjas, Malang lokasinya sangat ekstrim. Baca Juga: Modifikasi Mitsubishi Colt Diesel Tronton 



Lokasi pertambangan cukup terjal dan seram, tak jarang truck miliknya terjerembab saat berusaha menaklukkan ganasnya trek terutama saat diguyur hujan. Kreasi inilah yang cukup menjawabnya untuk menaklukkan arena pertambangan. Bersenjatakan penggerak 4x4 segala medan dan cuaca tidak lagi menjadi penghalang. Hasilnya, pengangkutan makin lancar dan arus ekonomi tak lagi terhambat. Bahkan sopir seperti Pak Iswadi pun senang. Baca juga  Modifikasi Mitsubishi Canter 125PS Amphibi


Puas dengan modifikasi truck angkutan hasil tambang, pemilik toko variasi Elok Jaya Motor di Malang ini merambah hoby nya. Truck pengangkut mobil Off Road tim Belantara Speed Off-Road juga di bikin 4x4. "Banyak yang heransaat di bawa ke luar kota, karena pakai gardan depan," kata pak Loekito. Gardan depan di ambil dari gardan truck eks Singapura.



Untuk memudahkan pemindahan transmisi 4x4, cukup dengan menekan tombol saja. Aplikasi ini diambil dengan mempelajari sistem yang di pakai truck 4x4 di Singapura. Hebatnya lagi gardan depan dilengkapi dengan Free-Locking Wheel Hub (Free-Lock).


Urusan dapur pacu di datangkan mesin diesel Mitsubishi 4D35 eks Singapura diboyong lengkap beserta girboks. Awal pemasangan agak mengalami kesulitan karena karena gardan depan bukan pasangannya.
Setelah mencoba bongkar pasang beberapa gardan, akhirnya ditemukan rumus padanannya. Final gear ketemu 6.40.


Karena truck ini berukuran panjang total 10 meter (bagian bak model flat deck 9 meter) dan lebar 2,20 meter maka truck ini perlu 3 As kopel yang di satukan sekaligus.



Dan karena ukuran truck melebihi ukuran rata-rata maka truck ini punya 10 ban dan di bikin tronton.


Terakhir untuk memanjakan sang driver truck ini juga dilengkapi AC



Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

6 komentar

Lanjutkan mas Wid :D

InsyaAllah mas Bayu

Saya tinggal d palembang, d mana bisa modifikasi truk 4wd nya. D luar kota jg gak pp gan.

kalau mibil xenia 1000cc thn.2009 dibuat 4x4 bisa apa nggak ya??mhn infonya dg biayax sklian trm ksh

Terima Kasih