08 July 2014

Strategi Busuk Jegal Bus Dan Truck PERKASA

} || []).push({});
Cikal bakal otomotif nasional dilumpuhkan. Texmaco bertekad bangkit hidupkan kembali industri strategis nasional.

Usianya tak lagi muda, 75 tahun. Namun sorot tajam matanya menunjukkan gelora semangat yang tak kunjung padam. Itulah Marimutu Sinivasan, bos Group Texmaco yang kembali muncul setelah 12 tahun tak terdengar kabar beritanya. Wajah Sinivasan cerah menyambut awak Prioritas yang menyambangi kantornya di Gedung Sentra Mulia Kawasan Kuningan, Jakarta Selatan. Selasa pekan lalu.
Sejurus kemudian, keluh kesah langsung meluncur dari mulutnya. “Saya ini seperti orang terkena penyakit lepra, 12 tahun tak ada yang mendekati saya termasuk pers,” kata Sinivasan.

Bus PERKASA

Pengusaha tekstil dan mobil nasional yang berjaya di tahun 70-an sampai akhir 90-an itu kembali muncul lantaran tertarik munculnya mobil garapan siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Solo bermerek ESEMKA. Ia bilang selama 12 tahun ini tak diam, menjalin jaringan untuk mengembangkan industri dasar cikal bakal pengembangan industri strategis nasional.

Sayang masa lalu selalu menguntitnya. Tak ada satu lembaga pembiayaan yang bersedia memberi suntikan modal untuk mengembangkan kembali usahanya. “Tapi saya masih bisa bertahan, pabrik kami di Karawang, Semarang dan Subang masih mendapatkan order karena kami memiliki kemampuan teknologi membuat industri terpadu,” ujarnya.
Mobil truk PERKASA yang sudah rusak di Subang, Jawa Barat

Demi mendapatkan kembali kepercayaan perbankan, dirinya berniat menuntaskan masalah yang membuatnya tercoreng 12 tahun lalu. Hal itu ia lakukan agar impiannya memiliki industri mesin terpadu yang mandiri bisa terwujud. “Saya percaya Indonesia negara hukum. Akan saya bawa masalah ini ke pengadilan dan diselesaikan baik-baik, tunggu saja waktunya,” kata Sinivasan sambil sesekali membenahi kerah jasnya.
Sejenak matanya menerawang, ia mengaku menjadi korban konspirasi beberapa pihak pada 1999-2000 silam. Konspirasi ini untuk menjegal langkah Texmaco Group yang saat itu memiliki kemampuan mengembangkan industri otomotif. Sinivasan mengklaim tekanan mulai muncul saat Texmaco mengirimkan 150 truk Perkasa perdana pesanan Tentara Nasional Indonesia.

Truck PERKASA
Tak ada hujan atau pun angin, saat itu sekitar 1999, Menteri Negara Investasi dan Pemberdayaan BUMN, Laksamana Sukardi menyebarkan dokumen kredit Texmaco. “Belakangan dari hasil pemeriksaan BPKP, apa yang diungkap Laksamana bohong,” klaimnya.

Prioritas mendapatkan beberapa dokumen yang menunjukkan adanya campur tangan asing lewat International Monetary Fund (IMF) dalam menjagal bisnis Texmaco. Rupanya IMF menangkap bola yang dilambungkan Laksamana Sukardi dan mengirimkan surat untuk Menko Ekuin, Kwik Kian Gie untuk menekan Texmaco.

Surat yang diteken Direktur Asia Pasifik IMF, Hubert Neiss dan Wakil Direktur, Anoop Singh itu pada intinya menyatakan Bank Putera, milik grup Texmaco harus segera ditutup dan diserahkan pada Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN). IMF mendesak lembaga pemerintah terkait membuat keputusan secepatnya dalam jangka dua hari.

Surat IMF kepada Kwik Kian Gie

Saat Kwik Kian Gie dikonfirmasi soal Texmaco, dia menyatakan sama sekali tidak ingat pernah menerima surat itu. “Mana bisa mengingat surat yang saya terima sebelas tahun yang lalu. Bukan saya lari dari persoalan. Tapi saya tahu bahwa Texmaco punya persoalan. Berkas harus dibongkar kembali dan saya tidak punya akses pada dokumen yang ada di kantor Menko. Begitu banyak masalah ketika itu,” kata Kwik kepada Prioritas.

Bahkan lanjut Sinivasan, saat terjadi krisis ekonomi 1998, banyak kalangan yang menuduh Bank Putera ikut menerima Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) sebesar Rp 30 triliun yang menyebabkan ekonomi Indonesia kolaps. Tudingan pengemplang BLBI tak terbukti karena pada 19 Februari 2007, Bank Indonesia (BI) menyatakan bahwa PT. Bank Putera Multikarsa tidak tercatat memiliki kewajiban BLBI kepada BI. Namun bank tersebut berkewajiban menyelesaikan pinjaman subordinasi (SOL) dan KLBI kredit program sekitar Rp 160 milyar per 31 Desember 2003. Surat itu diteken deputi Direktur BI, Oey Hoey Tiong.
Namun efek tuduhan tanpa bukti kuat ini mempersulit Sinivasan. “Saya tak punya satupun kartu kredit. Anak, istri dan kerabat lainnya tak bisa membuka rekening di bank, perkembangan usaha pun jalan ditempat,” jelasnya.

Pengamat ekonomi Ichsanuddin Noorsy menilai bahwa asing lewat kepanjangan tangan IMF akan mengganjal industri apapun yang mengarah pada kemandirian bangsa. Bukan hanya Texmaco, nasib serupa juga terjadi pada PT Industri Pesawat Terbang Nurtanio (IPTN) yang dirintis oleh BJ Habibie.

Mengapa asing sangat berkepentingan untuk membatalkan industri nasional karena bisa menjadi cikal bakal pengembangan industri strategis. Bila suatu negara sanggup mengembangkan kemampuan industri nasional maka memiliki kemampuan juga untuk membuat peralatan tempur militer. “Selama ini kita hanya bisa impor alat pertahanan. Kalau bangsa dan negara ini ingin berdaulat harus menguasai industri otomotif, energi, keuangan dan media massa,” katanya.

Senada dengan Noorsy, ekonom Hendri Saparini dari Econit juga menegaskan, pemerintah Indonesia seharusnya memiliki keinginan politik untuk mengembangkan industri nasional salah satunya membuat industri mobil nasional. Kalau niat ini ada, intervensi IMF lewat hutangnya dan perusahaan-perusahaan otomotif dengan motif pasarnya, akan bisa dihadapi.

“Sayangnya kita tidak memiliki strategi membangun industri mobil nasional, sehingga intervensi mudah masuk tak hanya dari IMF, tapi juga dari pemodal industri pemegang merk mobil di dalam negeri,” katanya.
Namun Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo), Jongkie Sugiarto mengaku tak pernah melakukan intervensi untuk membatalkan proyek mobil nasional. Gaikindo justru selalu mendukung terwujudnya mobil nasional. “Tapi untuk mobil ESEMKA itu tidak bisa dibilang mobil nasional,” ujarnya.

Ketua Umum Himpunan Pengusaha Putra Indonesia (HIPPI), Yockie Hutagalung menandaskan, bila ada intervensi, terutama dari asing terhadap industri dalam negeri harus dilawan. Menurutnya pemerintah semestinya menggandeng Texmaco untuk mewujudkan pengembangan industri nasional. “Ini pelajaran buat kita, jangan mau diobokobok lembaga asing.” ujarnya.
Sayang hingga berita ini diturunkan pihak IMF belum memberi jawaban atas surat permohonan wawancara dari Prioritas. Begitu pula surat elektronik yang Prioritas kirim ke Hubert Neiss dan Senior Resident Representative IMF, Milan Zavadjil, belum ada tanggapan.

Sementara itu Laksamana Sukardi juga tak berhasil Prioritas temui kendati telah mendatangi kediamanya di bilangan Blok S Kebayoran. Prioritas hanya bisa menghubungi adik Laksamana, Wina Armada yang mengaku tak tahu keberadaan Laksamana. “Ia sekarang lebih sering di luar negeri daripada di dalam negeri,” katanya.

*Dikutip dari PRIORITAS
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

11 komentar

Anonymous delete 16:43

Semoga Truk nasional kembali berjaya.....
dan diampuni oleh Alloh pemftnahnya

amin..
Semoga saja mas

Halo, aku Joy Wilson, pemberi pinjaman kredit swasta, yang Anda dalam utang? Anda membutuhkan dorongan keuangan? Saya sah terdaftar dan disetujui untuk mengontrol lembaga keuangan. Aku memberikan pinjaman untuk lokal dan internasional untuk semua orang yang membutuhkan pinjaman, dan dapat membayar kembali pinjaman, pada tingkat 2%. Aku memberikan pinjaman melalui transfer rekening atau cek bank juga mendukung. Tidak memerlukan banyak dokumen. Jika Anda ingin mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman reputasi kami.
Anda dapat menghubungi kami melalui Email: joywilsonloanfirm@gmail.com

Aku Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya Rp900,000,000 dari SANDRAOVIALOANFIRM sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui SANDRAOVIALOANFIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak SANDRAOVIALOANFIRM. menghubungi mereka melalui email:. (Sandraovialoanfirm@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (widyaokta750@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

Galaxy Pinjaman internasional mereka orang yang memberi saya pinjaman setelah bertahun-tahun dari keuangan

masalah dalam bisnis saya dan keluarga, saya telah scammed 5 kali oleh semua orang palsu ini. ditipu

dan mengambil uang dari saya dan masih mereka tidak akan memberikan pinjaman, i kepala teman berbicara tentang galaksi

pinjaman bahwa mereka dapat dipercaya saya pikir itu adalah lelucon atau scam lain lagi tapi saya mengambil iman dan

memberi mereka mencoba karena saya butuh uang, saya membutuhkan bantuan. saya mengikuti semua instruksi dan

suprise terbesar saya mereka memberi saya pinjaman pada tingkat bunga yang sangat rendah dari 2% dan tanpa agunan.

setelah saya telah ditolak oleh bank juga; saudara-saudara saya tidak jatuh korban seperti saya lakukan

itu sebabnya saya membuat kesaksian ini, mereka cliam mereka akan memberikan pinjaman, tetapi mereka adalah pendusta,

palsu. kacamata. dll ... silahkan hubungi pinjaman galaksi pada email mereka

galaxyloansinternational@gmail.com atau info.galaxyloans@gmail.com mengikuti instruksi mereka dan

yakinlah mendapatkan uang jika Anda membutuhkan pinjaman. Allah memberkati Anda .. Anda dapat menghubungi saya jika

Anda memiliki pertanyaan tentang hermantosharon@gmail.com

Aku Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman dapat diandalkan yang SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya Rp900,000,000 dari SANDRAOVIALOANFIRM sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui SANDRAOVIALOANFIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak SANDRAOVIALOANFIRM. menghubungi mereka melalui email:. (Sandraovialoanfirm@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (widyaokta750@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

KABAR BAIK!!!

Nama saya Dian Pelangi dari Jakarta di Indonesia, saya adalah perancang busana dan saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu setiap orang untuk berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di internet, begitu banyak kreditur pinjaman di sini adalah penipu dan mereka ada di sini. curang Anda dengan susah payah uang Anda, saya mengajukan pinjaman sekitar Rp900,000,000 wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 29 juta tanpa mengambil pinjaman, saya membayar hampir 29 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman dan bisnis saya adalah Tentang menabrak karena hutang.

Sebagai pencarian saya untuk perusahaan pinjaman pribadi yang andal, saya melihat iklan online lainnya dan nama perusahaannya adalah WORLD LOANS COMPANY. Saya kehilangan jumlah 15 juta dengan mereka dan sampai hari ini, saya tidak pernah menerima pinjaman yang saya usulkan.

Tuhan jadilah kemuliaan, teman-teman saya yang mengajukan pinjaman juga menerima pinjaman semacam itu, mengenalkan saya kepada perusahaan yang dapat dipercaya dimana Ibu Christabel bekerja sebagai manajer cabang, dan saya mengajukan pinjaman sebesar Rp900.000.000 dan mereka meminta surat kepercayaan saya, Dan setelah mereka selesai memverifikasi detail saya, pinjaman tersebut disetujui untuk saya dan saya pikir itu adalah sebuah lelucon, dan mungkin inilah salah satu tindakan curang yang membuat saya kehilangan uang, tapi saya tercengang. Ketika saya mendapat pinjaman saya dalam waktu kurang dari 6 jam dengan suku bunga rendah 2% tanpa agunan.

Saya sangat senang karena ALLAH menggunakan teman saya yang menghubungi mereka dan mengenalkan saya kepada mereka dan karena saya diselamatkan dari membuat bisnis saya melonjak ke udara dan dilikuidasi dan sekarang bisnis saya terbang tinggi dalam bahasa Indonesia dan tidak ada yang akan mengatakannya Dia tidak tahu tentang perusahaan mode saya

Jadi saya saran setiap orang yang tinggal di Indonesia dan negara lain yang membutuhkan pinjaman untuk satu tujuan atau yang lain untuk silahkan kontak
Ibu Christabel melalui email: (christabelloancompany@gmail.com)

Anda masih bisa menghubungi saya jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut melalui email: (lianmeylady@gmail.com)

Sekali lagi terima kasih untuk membaca kesaksian saya, dan semoga Tuhan terus memberkati kita dan memberi kita hidup yang panjang dan sejahtera dan semoga Tuhan melakukan pekerjaan baik yang sama dalam hidup Anda.

kesaksian nyata dan kabar baik !!!

Nama saya mohammad, saya baru saja menerima pinjaman saya dan telah dipindahkan ke rekening bank saya, beberapa hari yang lalu saya melamar ke Perusahaan Pinjaman Dangote melalui Lady Jane (Ladyjanealice@gmail.com), saya bertanya kepada Lady jane tentang persyaratan Dangote Loan Perusahaan dan wanita jane mengatakan kepada saya bahwa jika saya memiliki semua persyarataan bahwa pinjaman saya akan ditransfer kepada saya tanpa penundaan

Dan percayalah sekarang karena pinjaman rp11milyar saya dengan tingkat bunga 2% untuk bisnis Tambang Batubara saya baru saja disetujui dan dipindahkan ke akun saya, ini adalah mimpi yang akan datang, saya berjanji kepada Lady jane bahwa saya akan mengatakan kepada dunia apakah ini benar? dan saya akan memberitahu dunia sekarang karena ini benar

Anda tidak perlu membayar biayaa pendaftaran, biaya lisensi, mematuhi Perusahaan Pinjaman Dangote dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda

untuk lebih jelasnya hubungi saya via email: mahammadismali234@gmail.com
dan hubungi Dangote Loan Company untuk pinjaman Anda sekarang melalui email Dangotegrouploandepartment@gmail.com

Selamat siang pak / nyonya

Kami menyambut Anda ke PERUSAHAAN PINJAMAN ELIZEBETH ISAAC, di mana kami memberikan pinjaman asli dan serius seperti:



LAYANAN PINJAMAN TERSEDIA TERMASUK:
================================
* Pinjaman Komersial.
* Pinjaman pribadi.
* Pinjaman Bisnis.
* Pinjaman Investasi.
* Pinjaman Pembangunan.
* Pinjaman Akuisisi.
* Pinjaman konstruksi.
* Pinjaman Kartu Kredit
* Pinjaman Konsolidasi Utang
* Pinjaman bisnis dan lainnya:

Kami memberikan pinjaman bunga 2% tanpa agunan, sehingga kami dapat mengatakan bahwa kami memberikan PINJAMAN TANPA Agunan, Anda tidak perlu merasa buruk atau kecewa dengan bank yang meminta agunan, cukup hubungi kami dengan mengirim email kepada kami di:

elizebethisaac@gmail.com

Terima kasih

kami menunggu untuk mendengar dari Anda segera

malas SUBHANNALLAH

Saya Widya Okta, saya ingin bersaksi tentang pekerjaan baik Tuhan dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan bagian lain dunia, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka ada yang mencari pinjaman di antara Anda? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan peminjaman yang curang di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan peminjaman palsu.

Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6 kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang yang memiliki hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan seorang teman saya yang saya jelaskan keadaan saya kemudian perkenalkan saya ke perusahaan pinjaman yang dapat diandalkan yaitu SANDRAOVIALOANFIRM.

Saya mendapatkan pinjaman Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM dengan sangat mudah dalam 24 jam yang saya ajukan, Jadi saya memutuskan untuk membagikan karya baik Tuhan melalui SANDRAOVIALOANFIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta saran Anda jika Anda membutuhkan pinjaman, lebih baik Anda menghubungi SANDRAOVIALOANFIRM.

Email: sandraovialoanfirm@gmail.com
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (widyaokta750@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman.

Terima Kasih