15 May 2015

Transmisi Pintar ESCOT V UD Truck Mirip Mobil Rally

} || []).push({});
Mengemudikan sebuah truk kini tidak lagi menyulitkan. Dengan diperkenalkannya transmisi otomatis pada truk, meringankan tugas para pengemudi. Namun, kini penggunaan transmisi otomatis pada truk bukan hanya meringankan, tapi juga menyenangkan. Transmisi pintar ESCOT V yang digunakan UD Truck memiliki mode otomatis dan manual yang perpindahan giginya dilakukan secara sequential ala mobil reli.


Ketika berada dalam kabin UD Truck yang sudah mengadopsi transmisi ESCOT V, Anda tidak akan menemukan adanya pedal kopling. Fungsi kopling pada truk diatur secara elektro-hidrolis yang diumpan dari sensor-sensor lalu diolah oleh ECU.

Berikut adalah cara untuk mengaplikasikan mode full otomatis pada transmisi ESCOT V. Pertama, tekan tombol E-D Mode yang berada di samping tuas transmisi, aktifkan Splitter Roll dengan menekan tombol SPL pada bagian atas tongkat transmisi.

Aktifkan pula fitur Eco E-D dan Eco-Roll agar konsumsi bahan bakar semakin irit. Yang mengagumkan, ketika Anda mengaktifkan fungsi Eco-Roll, transmisi secara otomatis akan berpindah ke posisi netral jika memungkinkan, sehingga meringankan kerja mesin dan menghemat bahan bakar.

Untuk mengubah ke mode manual, Anda harus berada pada posisi berhenti total. Nonaktifkan fungsi E-D Mode, geser tuas transmisi kebawah untuk masuk ke gigi 1. Untuk menambah gigi geser tuas tranmisi ke atas, dan untuk menurunkan geser ke bawah. Mobil ini menggunakan transmisi 12-speed yang terdiri dari 6 gigi yang masing-masing memiliki rasio low dan high. Sungguh truk yang fun-to-drive.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

2 komentar

wah udah mulai canggih teknologi nya nih
thx gan sangat menambah wawasan ane artikel ini hehe
semoga bermanfaat juga buat yang lainnya yah :D

betul mas, teknologi truck sekarang memang memudahkan pengemudi. makasih mas Hadi telah berkunjung di blog saya

Terima Kasih