12 May 2015

Freightliner Inspiration Pelopor Truck Dengan Kemudi Otomatis

} || []).push({});
Belum ada regulasi yang pasti soal penggunaan mobil kemudi otomatis. Namun Freightliner, pabrikan truk kelas berat asal Amerika Serikat, malah memamerkan truk tronton yang sanggup menyetir sendiri. Dijuluki Inspiration, truk kemudi otomatis ini baru saja mendapatkan izin untuk diuji coba di provinsi Nevada. Sebelum Anda merasa ngeri mendengar ada truk raksasa yang berkeliaran di jalan tanpa sopir, ketahuilah bahwa sistem kemudi otomatisnya hanya ditujukan untuk di jalan tol saja, dan seorang sopir masih diwajibkan hadir di balik lingkar kemudinya. Teknologi bertajuk Highway pilot ini memanfaatkan sederet kamera dan radar untuk memonitor kondisi di sekitarnya. Sebuah unit radar yang tertanam di bemper depan Freightliner Inspiration akan memonitor kondisi jalan dari jarak dekat dan jauh, hingga mencapai 250 meter. Dengan demikian, truk ini bisa mengamati kehadiran mobil di depannya, menginjak pedal gas dan mengerem pada saat yang tepat sehingga tidak terjadi benturan.



Bersamaan dengan itu, sebuah kamera yang tertanam di langit-langit dashboard ikut membantu memantapkan analisa kondisi jalan di depan truk. Kamera dengan jangkauan 100 meter ini akan mengenali garis-garis jalan, lalu meneruskan informasi yang dikumpulkan menuju lingkar kemudi sehingga truk ini bisa konsisten berada di jalurnya tanpa campur tangan dari pengemudi. Selain meringankan tugas sopir truk saat memasuki jalan tol, truk kemudi otomatis ini diyakini juga lebih efisien soal konsumsi bahan bakar. Penurunan konsumsi bahan bakar ini dimungkinkan berkat teknologi platooning yang diperkenalkan oleh Freightliner Inspiration.


Sesuai namanya, teknologi ini memungkinkan beberapa truk Inspiration untuk membentuk barisan lurus yang rapi, dengan jarak antara truk sekitar 7,5 meter. Masing-masing truk akan berkomunikasi via sinyal radio sehingga ketika truk yang berada di paling depan mengerem, truk lainnya juga akan ikut mengerem dengan respon yang cepat.


Barisan truk ini berujung pada aliran udara yang lebih optimal, menjadikan masing-masing truk lebih aerodinamis daripada ketika bergerak di luar formasi. Pada akhirnya, barisan berisi 3 truk diyakini bisa menghemat konsumsi bahan bakar hingga 5,3%, sedangkan barisan berisi 5 hingga 6%.

Kendati demikian, secanggih apapun teknologi yang diusung Freightliner Inspiration, ia tidak akan ada artinya kalau belum diperbolehkan berkelana di jalan tol umum, sama halnya untuk mobil kemudi otomatis. Akhir kata, mari berharap regulasi pemerintah tentang mobil – dan truk – kemudi otomatis di semua negara bisa segera ditetapkan.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih