26 February 2016

Ini Perbedaan Truck Chevrolet CMP Dan Ford CMP

} || []).push({});
Kali ini saya akan berbagi pengetahuan sejarah truck dan perbedaan truck Ford CMP dan Chevrolet CMP. Nampak dalam artikel ini foto seorang pengemudi truck tentara Belanda dari RVA (Resimen Veldartillerie) di Soebang pada tahun 1949. Kendaraan dalam foto ini adalah truck CMP 15 CWT 4X2 buatan Chevrolet dan kemungkinan ex Australia.


Antara Ford dan Chevrolet memang berbagi desain kabin dalam produksi truck CMP ini. Pertama kali dirancang untuk Ford oleh Sid Walet. Antara Ford dan Chevrolet CMP ini dua Tipe dengan wajah serupa, perbedaan utama terdapat pada gril radiator. Chevrolet CMP di desain dengan gril radiator berpola berlian, sedangkan yang Ford CMP didesain memiliki kisi-kisi berbentuk persegi. Namun bagian atas mesin sama-sama bisa dibuka yang dikenal dengan sebutan truck buaya. Truck ini di desain di Kanada sekitar tahun 1940-an. Dan untuk Ford CMP bisa di lihat seperti di bawah ini.


Truck CMP ini memiliki ciri kaca depan datar dan miring sedikit ke bawah untuk meminimalkan silau dari matahari dan untuk menghindari terjadinya refleksi kuat yang akan dengan mudah diamati dari pesawat. Semua desain truck CMP memiliki hidung depan pendek dan pesek khas mereka. Desain ini untuk memenuhi pesanan Inggris yang minta dibuatkan truk dengan spesifikasi kompak dan lebih efisien untuk di angkut dengan kapal. Spesifikasi ini juga menggunakan sistem kemudi kanan.

Source:

http://www.41afdva.net/Fotos_41%20RVA.htm

https://en.wikipedia.org/wiki/Canadian_Military_Pattern_truck
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih