25 November 2015

Mengenal Truck Bedford, Truck Legendaris Asal Inggris

} || []).push({});
Bila melihat sejarah, Bedford sendiri sanggup bercerita banyak. Manufaktur kendaraan asal Inggris ini kerap digunakan sebagai alat transportasi yang mumpuni di jamannya. Malahan selama beberapa tahun Bedford memimpin pasar truck dan alat berat di seluruh Eropa. Dan saya beruntung bisa memotret truck Bedford secara langsung milik PO Sumber Alam Kutoarjo, Purworejo. Truck Bedford ini sepertinya memang di beli dari TNI untuk mengisi museum SAC Kutoarjo yang juga milik PO Sumber Alam.







Bedford memang terbilang legendaris sebagai manufaktur otomotif sejak tahun 1930-an. Khusus untuk Bedford MT dirancang sejak tahun 70-an untuk memenuhi kebutuhan truk angkut general purpose bagi AD Kerajaan Inggris. Versi pertamanya adalah Bedford MT 4×4, mulai diproduksi pada tahun 1981. Versi 4×4 lebih ditekankan untuk angkut personel, dan muatan ringan. Sementara di tahun yang sama juga diluncurkan versi 6×6. Versi Bedford 6×6 inilah yang dirancang untuk menggotong muatan lebih berat, termasuk dalam hal ini ranpur lapis baja ringan.



Bedford MT 6×6 mulai resmi diproduksi secara komersial pada tahun 1986, selain digunakan oleh AD Inggris. Truk ini juga digunakan oleh beberapa negara sahabat Inggris di Asia, Timur Tengah, dan Afrika. Kedatangannya di Indonesia menjadi satu rangkaian dengan paket pembelian tank Scoprion dan Stormer pada tahun 1995 – 1997.



Bedford MT mempunyai dimensi panjang 8,59 meter, lebar 2,47 meter, dan tinggi 3 meter. Berat kosong truk ini adalah 8,68 ton, semetara untuk kapasitas angkut dapat membawa muatan mulai dari 14,5 ton hingga 21 ton. Truk ini ditenagai mesin diesel Bedford 8.2/205TD dengan kekuatan 206 hp. Untuk kecepatan lajunya di jalan mulus mencapai 90 km per jam dengan jarak tempuh maksimum 500 km. Selain itu, Bedford MT juga ditawarkan dengan mesin tipe Perkins Phaser dengan kekuatan 300 hp. Batas toleransi kemiringan mencapai 30% dan toleransi roda pada lubang maksimum sedalam 1 meter.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih