Truck Isuzu Giga FVM merupakan truk
medium 10 ban terpanjang dikelasnya. Dilengkapi dengan mesin 6 silinder
240 PS dan 285 PS. Harga yang kompetitif dan irit bahan bakar
menjadikan Isuzu GIGA FVM banyak diminati oleh perusahaan Expedisi untuk
jarak angkutan menengah atau antar pulau. Terdapat 2 jenis Isuzu Giga
FVM dengan panjang chassis yang berbeda-beda. salah satunya yang akan kita bahas adalah Isuzu GIGA FVM 34W 285PS memiliki Panjang wheelbase hingga 11,480 meter dengan beban berat dan volume besar (GVW 26 ton), yang di topang dengan mesin 6HK1 - TCN, 7,790 cc, Inline
Six Silinder, OHC, Direct Injection Diesel, dengan tenaga 240 ps/2.400
rpm dan torsi maksimum 72 Kgm yang dicapai pada rpm 1.400 - 2.400 rpm. Foto dalam artikel ini adalah truck Isuzu Giga FVM 34W 285PS yang dikemudikan oleh om Dhidhi WP.
Isuzu Giga Irit Bahan Bakar
Isuzu Giga FVM mengandalkan mesin commonrail diesel. Commonrail telah disesuaikan dengan kondisi bahan bakar di Indonesia sehingga tidak akan menemui masalah di lapangan. Dengan commonrail berdampak kepada efisiensi bahan bakar lebih irit dari kompetitor, di mana torsi puncak tersedia pada rpm rendah dan rentang rpm tertentu. Mesin juga lebih ramah lingkungan.
Penyesuaian yang dilakukan Isuzu terhadap teknologi common rail meliputi pemberian jaket kepada injektor-injektor sehingga memiliki usia lebih lama dan injeksi bahan bakar bertekanan lebih rendah. Lalu adanya pre-filter sebelum bahan bakar masuk ke dalam penyaring utama (main filter) agar mesin tidak terkontaminasi kotoran. Dalam sejumlah rangkaian pengujian di berbagai kondisi medan yang dilakukan Isuzu, Giga lebih irit sekitar 10-12 persen dari kompetitor. Isuzu mengklaim biaya berjalan (running cost) Giga pun lebih rendah; umur komponen 1,5 kali lebih lama dari kompetitor dan interval penggantian oli lebih lama (sekitar 20 ribu km di jalan aspal).
SPESIFIKASI ISUZU GIGA FVM 34 W:
Nah itulah sekilas Isuzu Giga FVM, truk medium dengan mesin 6 silinder namun tetap irit yang memiliki wheelbase terpanjang di kelasnya (5.500 dan 7.120) dengan beban berat dan volume besar (GVW 26 ton) yang cocok untuk angkutan jarak menengah sampai antar pulau.
Isuzu Giga Irit Bahan Bakar
Isuzu Giga FVM mengandalkan mesin commonrail diesel. Commonrail telah disesuaikan dengan kondisi bahan bakar di Indonesia sehingga tidak akan menemui masalah di lapangan. Dengan commonrail berdampak kepada efisiensi bahan bakar lebih irit dari kompetitor, di mana torsi puncak tersedia pada rpm rendah dan rentang rpm tertentu. Mesin juga lebih ramah lingkungan.
Penyesuaian yang dilakukan Isuzu terhadap teknologi common rail meliputi pemberian jaket kepada injektor-injektor sehingga memiliki usia lebih lama dan injeksi bahan bakar bertekanan lebih rendah. Lalu adanya pre-filter sebelum bahan bakar masuk ke dalam penyaring utama (main filter) agar mesin tidak terkontaminasi kotoran. Dalam sejumlah rangkaian pengujian di berbagai kondisi medan yang dilakukan Isuzu, Giga lebih irit sekitar 10-12 persen dari kompetitor. Isuzu mengklaim biaya berjalan (running cost) Giga pun lebih rendah; umur komponen 1,5 kali lebih lama dari kompetitor dan interval penggantian oli lebih lama (sekitar 20 ribu km di jalan aspal).
SPESIFIKASI ISUZU GIGA FVM 34 W:
DIMENSSION | FVM 34 W |
Over all Length (OAL) (mm) | 11,480 |
Over all Width (OW) (mm) | 2,450 |
Over all Height (OH) (mm) | 2,860 |
Wheel Base (WB) (mm) | 7,120 |
Front Over Hang (FOH) (mm) | 1,440 |
Rear Over Hang (ROH) (mm) | 2,920 |
Cabin to end ( CE ) (mm) | 9,415 |
Min. Clearence (HH) (mm) | 235 |
Tread Front (AW) (mm) | 1,970 |
Tread Rear (CW) (mm) | 1,845 |
WEIGHT | |
Total Vehicle Mass (kg) | 6,693 |
Gross Vehicle Mass (GVW) (kg) | 26,000 |
ENGINE | |
Engine Model | 6HK1-TCN |
Type | Inline Six Cylinder, OHC, Direct Injection Diesel |
Bore and Stroke (mm) | 115x125 |
Piston Displacement (cc) | 7,790 |
Max. Output (PS/rpm) | 240/2,400 |
Max. Torque | 72/1,450-2,400 |
TRANSMISSION | |
Transmission Model | MZW6P |
1st | 6,615 |
2nd | 4,095 |
3rd | 2,358 |
4th | 1,531 |
5th | 1,000 |
6th | 0,722 |
Rev. | 6,615 |
Final Gear Ratio | 7,167 |
BRAKE | |
Brake Control | Air Over Hydraulic |
TIRE | |
Front Tyre | 10.00-20-16PR (Miller) |
Rear Tyre | 10.00-20-16PR (Miller) |
SUSPENSION | |
Suspension Front | Multileaf |
Suspension Rear | Multileaf (trunnion suspension) |
OTHERS | |
Fuel Tank Capacity (Liter) | 200 |
Min. Turning Radius (m) | 10,4 |
Max. Gradeability (%) | 22 |
Max. Speed (Km/h) | 98 |
Alternator (V-A) | 24-50 |
Cab | wide-5(with bed space) |
Frame Dimension | 850x258x10 |
Emisi Regulation | Euro-2 |
Nah itulah sekilas Isuzu Giga FVM, truk medium dengan mesin 6 silinder namun tetap irit yang memiliki wheelbase terpanjang di kelasnya (5.500 dan 7.120) dengan beban berat dan volume besar (GVW 26 ton) yang cocok untuk angkutan jarak menengah sampai antar pulau.
Next
« Prev Post Previous
Next Post »
« Prev Post Previous
Next Post »