14 August 2016

Ritawati, Cewek Berjilbab Pengemudi Haul Truck PT Newmont

} || []).push({});
Tidak semua wanita berani duduk di balik kemudi truck. Apalagi, kendaraan berukuran besar seperti haul truck. Haul truck biasa digunakan di area pertambangan. Kendaraan berukuran raksasa ini bisa memuat batu sebanyak 240 ton, berfungsi membawa material dari area tambang terbuka (pit) menuju lokasi penimbunan batuan (crusher).


Panjangnya mencapai 9 meter, dan tinggi 6 meter. Membayangkannya saja sudah ngeri. Tapi tidak demikian halnya dengan Ritawati. Perempuan berjilbab itu cukup punya nyali menaklukkan haul truck. Tiga tahun sudah profesi pengemudi haul truck dijalani Ritawati di area pertambangan Newmont, Batu Hijau, Sumbawa Barat.

Tak ada kata takut dalam diri Ritawati. Setiap hari, perempuan yang kerap disapa Itot ini mengemudikan haul truk. Setiap kali mengangkut muatan, ditempuhnya dalam waktu 40 menit.

Ritawati menyukai profesi yang identik dijalani kaum Adam itu. Sebab, dia tak menyukai pekerjaan kantoran yang saban hari berada di balik meja komputer. Ritawati ingin sesuatu yang lebih menantang.

"Masak kita (perempuan) kalah sama lak-laki. Kita juga bisa, kan," ujar perempuan 25 tahun ini.


Uniknya, selama ini Ritawati menyembunyikan profesinya itu dari sang ibunda. Ibu hanya tahu kalau anak bungsunya ini bekerja di Newmont. Tanpa tahu pekerjaan yang dilakoni Ritawati.

"Ibu saya baru tahu kemarin, belum lama, waktu ada kunjungan di sini. Dia sedih, tapi bagaimana lagi. Bagi saya, ini keren," tutur Ritawati.

Mengemudikan alat berat tidak mudah. Butuh ketelitian, kehati-hatian, dan kedisiplinan. Apalagi PT NNT memiliki standar operasional yang mengatur jalannya lalu lintas kendaraan di area pit.

"Nah, kalau pas hujan, itu jalannya kan licin. Kita perlu hati-hati sekali dengan medan yang terjal. Karena haul kan lebih berisiko dan berat," paparnya.

Ritawati bukan satu-satunya "Wonder Woman" haul truck. Ada tujuh perempuan lainnya. Sebelum terjun ke lapangan, mereka terlebih dahulu melakukan pelatihan di Mine Training selama satu bulan. Di sana terdapat mesin simulasi untuk melatih kemampuan mengemudi haul truk dengan baik dan benar, bahkan sesekali ada rintangan yang perlu dipecahkan.

Seperti misalnya tiba-tba di jalan ada batu besar, atau bahkan terjadi kebakaran. Jika lulus, seseorang diizinkan mengoperasikan haul truck. Haul truck adalah salah satu dari 111 kendaraan besar yang beroperasi di Batu Hijau. Bisa dibilang ini menjadi nadi dari perusahaan penghasil tembaga, emas, dan perak tersebut.

Kendaraan besar lain seperti eskavator, grader, water tank, dozer, dan lainnya juga turut andil dalam berjalannya tambang milik PT Newmont Nusa Tenggara. Tentunya, mengemudikannya pun perlu kecakapan mumpuni.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

2 komentar

Pinjaman dana tunai cepat untuk modal usaha atau renovasi rumah anda cukup hanya jaminkan BPKB Mobil atau Motor anda. atau untuk inomasi selanjutnya kunjungi website kami di http://www.pinjamandanatunaicepat.com or http://www.gadaibpkbmobilcepat.com atau anda juga bisa hubungi di LINA 0822-1396-5242,0895-2763-1115.

Pinjaman dana tunai cepat untuk modal usaha atau renovasi rumah anda cukup hanya jaminkan BPKB Mobil atau Motor anda. atau untuk inomasi selanjutnya kunjungi website kami di http://www.pinjamandanatunaicepat.com or http://www.gadaibpkbmobilcepat.com atau anda juga bisa hubungi di LINA 0822-1396-5242,0895-2763-1115.

Terima Kasih